-escape the ordinary-


zozo... by ~zabaroe on deviantART
i try to make a flash game.. here it is.. (my own project):
Left to right -> oldest to newest




"Click thumbnail to play!"

Monday, May 4, 2009

Membuat fungsi baru pada C++ Builder 6.0

Sorry kalau bahasanya kacau, soalnya bingung kalau harus ditulis, tapi sudah disediakan file programnya untuk diunduh, semoga mudah dipahami... ^_^

Pada C++ Builder 6 ini, deklarasi fungsi ada di unit.h, sedangkan untuk code pemrogramannya ada di unit.cpp. Saat pertama kali menggunakan perangkat berbasis visual ini mungkin ada yang masih kesulitan. Untuk object yang telah disediakan oleh perangkat ini, saat diletakkan di dalam stage maka fungsi object tersebut akan terbentuk secara otomatis (baik di unit.h maupun di unit.cpp-nya). Lalu bagaimana kalau kita ingin membuat fungsi baru yang tujuannya mempermudah proses pengerjaan code-nya?

Simulasi Sederhana2 (download)
Mmm.. gini aja, ta kasih contoh sederhana aja yah. Misalkan menghitung perkalian 2 buah bilangan. Nanti untuk proses penghitungannya dengan memanggil fungsi lain yang kita buat sendiri.


Picture 1. Simulasi Sederhana2

Siapkan form, lalu masukkan 6 buah objek berikut ini ke stage (maksudnya ke dalam form): 2 buah Label, 1 Button, dan 3 Edit.
Setting Properties: (pada Object Inspector di properties-nya)

Label:
Untuk label Name-nya gak usah diganti apa-apa karena cuma buat tampilan, captionnya masing-masing diganti dengan “x” dan “=”

Edit:
Semua Edit (dalam hal ini yang terbentuk pada form adalah Edit1,Edit2,dan Edit3) kosongkan teks pada bagian Text, supaya nggak mengganggu tampilan. Kemudian beri nama masing-masing pada Name-nya: satuTxt, duaTxt, hasilTxt, jangan lupa atur letaknya.

Button:
Ganti caption-nya dengan “Hitung”, lalu ganti Name-nya dengan hitungBtn.
Untuk lihat bagaimana letaknya perhatikan picture1.

Berikut ini akan diberikan 2 cara, yakni cara biasa tanpa fungsi baru buatan kita dengan yang sebaliknya. Double klik hitungBtn, lalu isikan code ini pada fungsi yang otomatis terbentuk pada
Unit.cpp nya:


1) Dengan menggunakan cara biasa (tanpa fungsi):

bil1=StrToFloat(satuTxt->Text);
bil2=StrToFloat(duaTxt->Text);

hasilTxt->Text=String(bil1*bil2);
Jangan lupa untuk mendeklarasikan variabel bil1 dan bil2 (misalkan float) pada Unit.h

2) Dengan menggunakan membuat fungsi baru:
Tambahkan kode berikut ini pada unit.h di bagian “ __published:” yang terdapat di dalam class Tform-nya.
void __fastcall hitung();
Perhatikan, “hitung” adalah nama fungsinya (terserah).
Kemudian kembali lagi pada Unit.cpp-nya, buat kode fungsi hitungnya:

void __fastcall TForm1::hitung()
{
hasil=bil1*bil2;
hasilTxt->Text= hasil;
}
Panggil fungsi hitung() tadi dalam fungsi milik okBtn.

bil1=StrToFloat(satuTxt->Text);
bil2=StrToFloat(duaTxt->Text);
hitung();
Atau anda bisa mengutak-atiknya sesuai keinginan anda, karena setiap orang memiliki gaya penulisan code yang berbeda-beda. Pembuatan fungsi baru ini amat berguna apabila proses penghitungan atau yang berhubungan dengan itu cukup panjang dan rumit, maka anda dapat memecahnya menjadi fungsi-fungsi kecil yang mempermudah & terkadang dapat dipanggil lagi sesuai kebutuhan. Sebagai contoh yang agak kompleks disediakan pada Simulasi2.

1 comment: